Selasa, 07 Februari 2017

PENGENALAN SISTEM KONTROL AKSES

Sistem Kontrol Akses adalah sistem yang dirancang untuk memungkinkan pembatasan pengguna untuk dapat mengakses suatu ruangan/area dan sumber daya dalam sebuah fasilitas fisik tertentu. Dapat kita temui dalam penerapan Sistem Kontrol Akses dalam kehidupan sehari-hari misalnya sebuah kunci pada pintu ruangan, pintu gudang, dan sebagainya. Maka dengan kontrol akses ini pengguna dapat lebih baik dalam mengamankan informasi penting, barang/peralatan penting bahkan rahasia.  


Adapun Sistem Kontrol Akses ini supaya bekerja dengan baik maka diperlukan beberapa peralatan penunjang, dimana peralatan ini pada umumnya terdiri dari : Access Kontrol – Power Supply Access Control – Exit Button – Electric Lock.
Berikut ini adalah jenis - jenis peralatan dari sebuah Sistem Kontrol Akses
·     Access Control
Sebuah perangkat dimana terjadi proses akses MASUK & KELUAR melalui sistem yang menerima input bisa berupa akses jari, kata sandi maupun RFID.
·     Power Supply Access Control
Perangkat suplai daya listrik untuk menjamin semua peralatan kontrol akses dapat berfungsi dengan baik.
·     Exit Button
Sebuah tombol push-button, dimana berfungsi untuk membuka sebuah pintu/akses setelah pengguna masuk melalui Access Control.
·     Electric Lock (Strike Lock ; Bolt Lock ; Magnetic Lock)

Strike Lock
Electric strike merupakan sebuah alat pengunci elektrik dengan pengunci solenoid sebagai perangkat utamanya. Pengunci solenoid adalah sebuah pengunci yang terdiri dari kumparan kawat berbentuk tabung panjang dengan lilitan, apabila dialiri arus listrik maka akan berfungsi seperti magnet, maka akan berfungsi melepaskan dan membuka.


Bolt Lock
Electric Bolt  mempunyai cara kerja tidak berbeda jauh dengan Electric Strike, hanya yang membedakan yaitu pengunci utama, yaitu pengunci elektrik dengan bolt/silinder/gerendel


Magnetic Lock
Magnetic Lock merupakan perangkat pengunci yang terdiri dari elektromagnet dan plat. Dengan memasangkan elektromagnet ke kusen pintu dan plat ke daun pintu, arus yang melalui elektromagnet maka akan menarik plat tadi untuk menutup pintu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar